Apa Yang Membuat Rambut Keriting?

Minggu, 26 September 2010

Kulit tersa halus, tetapi bila dilihat menggunakan mikroskop kulit terlihat seperti deretan gunung dengan lubang besar tempat rambut muncul. Lubang ini disebut folikel, dan folikel menentukan apakah rambut lurus atau kering. Rabut lurus berbentuk bulat, rambut bergelombang tumbuh dari folikel berbentuk lonjong, dan rambut amat ikal/keriting tumbuh dari folikel berbentuk pipih.

Tekstur rambut amat tergantung pada bentuk dari rambut, yang dapat dilihat dalam penampang lintang rambut menggunakan mikroskop. Rambut lurus mempunyai bentuk bundar,
dan rambut bergelombang serta ikal berbentuk pipih. Bentuk rambut yang paling pipih adalah yang paling bergelombang atau paling keriting.
Jumlah rambut yang kamu miliki di kepalamu tergantung pada apakah warna rambutmu pirang atau cokelat. Pada umumnya orang berambut pirang mempunyai sekitar 140.000 helai rambut kepala, rambut merah rata-rata 90.000 helai, sedangkan orang dengan rambut hitam atau cokelat jumlah rambutnya di antara keduanya sekitar 110.000 helai.
Sebagaian besar folikel rambut berisi kelenjar minyak yang disebut kelenjar sebaseus. Kelenjar ini mengeluarkan minyak di rambut, melumasinya dan menjaga agar rambut tetap lembut.

0 komentar: